Sabtu, 18 Mei 2013

Brasil Beli Robot Untuk Menjaga Keamanan Piala Dunia 2014 Dan Olimpiade 2016

posted by: Dunia Andromeda
Brasil beli Robot untuk menjaga keamanan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.
Brasil membeli 30 robot pengaman untuk menjamin keselamatan umum sepanjangan penyelenggaraan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.
Perusahaan Amerika Serikat, iRobot, menyatakan mereka menang dalam tender untuk layanan robot dan suku cadang senilai US$7,2 juta. Robot-robot itu akan diserahkan ke Brasil pada akhir tahun pada akhir tahun.

iRobot mengatakan robot produk mereka, dengan berat sekitar 27 kg, dilengkapi dengan lengan yang bisa digerakkan lewat kendali jarak jauh berupa komputer jinjing yang sudah diprogram.

Selain mampu memeriksa kawasan yang barang yang dianggap berbahaya, robot multiguna iRobot juga bisa digunakan untuk mengambil barang atau peralatan berbahaya maupun mendeteksi unsur kimia berbahaya dan bahan peledak.

''Tujuan dari robot-robot akan menjaga operator dan orang lain dalam keadaan aman sementara penyelidikan berlangsung," seperti dinyatakan iRobot kepada kantor berita AP.

Selama ini iRobot sudah memasok lebih dari 5.000 robot untuk militer maupun lembaga keamanan sosial di seluruh dunia.

Penggunaan robot di kawasan-kawasan berbahaya atau yang dilanda perang sudah semakin sering digunakan, termasuk untuk menjinakkan bom.

Masalah keamanan dalam peristiwa olahraga mulai menjadi kekhawatiran setelah serangan bom saat Maraton Boston pertengahan April,yang menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai lebih dari 100 lainnya.

"Tujuan dari robot-robot akan menjaga operator dan orang lain dalam keadaan aman sementara penyelidikan berlangsungiRobot.

Pihak berwenang Brasil sudah menegaskan tidak akan menempun perubahan rencana keamanan mengusul serangan di Amerika Serikat itu. Di masa lalu, Brasil praktis belum pernah menangani serangan teroris.

Brasil rencananya akan mengerahkan 3.000 hingga 5.000 personil tentara untuk setiap kota di 12 kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014.

Semetara itu Angkatan Udara Brasil mengatakan sudah menyediakan dana sebesar US$25 juta untuk membeli dua pesawat tanpa awal buatan Israel guna mendukung jaminan keamanan.

Brasil terakhir kali menjadi ruan rumah Piala Dunia 1950 namun Olimpiade Rio 2016 merupakan yang pertama kalinya digelar di kawasan Amerika Selatan.

Brasil akan mengerahkan 3.000 hingga 5.000 personil tentara di tiap kota tuan rumah Piala Dunia.

World Cup Brasil 2014.

BBC.co.uk | Reuters


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...