Senin, 17 September 2012

Video Berwarna Yang Pertama Kali Dibuat di Dunia

posted by: Dunia Andromeda
Dilihat sekilas, video ini mungkin tampak biasa saja. Bahkan mungkin tidak ada satu hal pun yang menarik. Tapi jika Anda mengetahuinya lebih dalam, video ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi karena diklaim sebagai video berwarna yang pertama kali dibuat.


Video ini direkam pertama kali oleh Edward Turner pada tahun 1901. Tekniknya yang menggunakan filter berwarna merah, hijau dan biru, dan kemudian menyusunnya berlapis-lapis pada tiap frame, sempat dianggap sebagai sebuah kegagalan oleh para ahli sejarah film. Adapun tiga orang anak yang ada di video tersebut merupakan ketiga anaknya yang masih berusia balita.

Tahun 1899, Turner mematenkan penemuannya ini,  tapi malang, ia tak bisa mencicipi keuntungan dari hasil penemuannya secara penuh, karena 4 tahun kemudian, turner meninggal pada usianya yang ke 29. Demikian seperti yang dilansir BBC.

Video diatas kemudian tak jelas rimbanya selama lebih dari 100 tahun, dan akhirnya ditemukan kembali di dalam arsip National Media Museum di Bradford.


Video ini merupakan hasil karya Edward Turner. 


Edward Raymond Turner bersama dengan istri.

Oleh para pakar cinematografi, video ini dianggap sebagai hal yang sangat berharga karena menjadi sebuah terobosan dalam sejarah perfilman.

"Saat aku menemukan itu, aku menganggapnya sebagai hal yang menakjubkan karena berusia lebih dari 100 tahun," ujar Michael Harvey dari National Media Museum.


Video diatas adalah cuplikannya yang telah diolah menjadi video digital. Filmnya yang komplit akan diputar pada Kamis depan di museum yang sama.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...