Sabtu, 22 September 2012

Tree Concert, Di Berlin Pohon-pun Bisa Konser Musik !

posted by: Dunia Andromeda
Sebuah konser musik umumnya dilakukan oleh sekelompok pemain musik. Tapi di Berlin, ada sebuah konser musik unik yang melodinya dimainkan oleh sebuah pohon kenari.

Memiliki lebih dari 400 ribu pohon, kota Berlin diakui sebagai kota paling hijau di Eropa. Sayangnya jumlah tersebut semakin berkurang karena buruknya perawatan oleh masyarakat dan pemerintah kota. Alhasil, cap sebagai kota terhijau pun terancam hilang.

Menanggapi permasalahan ini, sebuah kelompok konservasi bernama BUND, membuat sebuah ide unik yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar mencintai dan mau menjaga pohon-pohon yang ada. Mereka pun kemudian menyulap sebuah pohon kenari menjadi pohon yang bisa bermain musik dengan tajuk 'Tree Concert'.

Sesuai dengan namanya, pohon yang terletak di Monbijoupark, Berlin, ini mampu memainkan irama musik yang dihasilkan dari biji kenari yang jatuh. Hal itu dimungkinkan karena adanya sebuah struktur bangunan khusus yang dibuat tepat di bawah pohon.


Pohon konser ini didesain oleh kelompok konservasi BUND. 


Para pengunjung diajak berpartisipasi dengan menyumbangkan dana.

Struktur ini terbuat dari bahan membran polymer dan sangat sensitif terhadap sentuhan. Setiap biji kenari yang jatuh akan membuat struktur itu memberikan reaksi berupa cahaya lampu berwarna warni serta suara musik.

Sejak dibuka tanggal 18 September lalu, pohon itu telah menarik perhatian publik di Berlin. Para pengunjung yang datang diundang untuk ikut berpartisipasi untuk memperluas kampanye tersebut lewat donasi sebesar 5 euro via SMS.


Simak keunikan konser pohonnya di sini.



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...