Rabu, 25 Juli 2012

Penemuan Candi Yang Berumur Lebih Tua Dari Borobudur

posted by: Dunia Andromeda

Penemuan candi lebih tua dari Candi Borobudur ditemukan oleh tim arkeologi dari Balai Arkeologi Yogyakarta. Berbagai bentuk puing itu ditemukan di Desa kayen, Kecamatan Kayen, Pati, Jawa Tengah.



Mulanya warga setempat melaporkan menemukan batu bata berukuran besar di area persawahan Dusun Minoyo. Kemudian peneliti mendatangi dan meninjau lokasi temuan.

Kemudian, para peneliti menemukan beberapa benda cagar budaya seperti struktur batu bata yang masih tertata, arca, serta artefak dari logam dan keramik.

Ketua Tim Peneliti, Rita Astari memperkirakan candi dibuat pada abad ke-7 hingga ke-8. Perkiraan didapat dari struktur dan bahan bangunan, diduga candi berasal dari zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Dengan begitu, candi tersebut berusia lebih tua dari Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur dibangun sekitar abad ke-8 dan proses pembangunannya rampung pada abad ke-9.

Sampai saat ini, peneliti baru menemukan dua bangunan candi. Peneliti memperkirakan masih akan menemukan candi-candi lain di Desa Kayen, Pati.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...