Sabtu, 28 April 2012

11 Pemain Hebat Bernomor 11

posted by: Dunia Andromeda


Sudah jadi tradisi dalam sepak bola, pemain yang paling hebat, mahal, dan terkenal selalu diberikan nomor punggung 10. Mulai dari Pele, yang terkenal di tahun 1970 (42 tahun lalu tuh), lalu Maradona di tahun 1986, hingga Messi yang sekarang sedang jadi pujaan seluruh dunia mengenakan nomor 10. Dalam sepak bola angka 10 adalah kesempurnaan.



Bagaimana dengan nomor lainnya? Pada Piala Dunia 1982 di Spanyol, Mario Kempes -- yang bersinar dan menjadi pahlawan di Piala Dunia 1978, harus merelakan kaos nomor 10 dipakai oleh bintang baru negeri itu Diego Armando Maradona. Marco van Basten terpaksa mendapatkan nomor 9, karena nomor 10 sudah menjadi milik Ruud Gullit. 



Nomor punggung 10 memang tidak menjamin kehebatan pemainnya. Di Piala Dunia Spanyol 1982, Paolo Rossi yang memakai nomor 20 yang menjadi bintang. Thierry Henry memilih nomor 14 – sesuai dengan nomor hebat yang dipakai Johan Cruyff.Cesc Fabregas malah memilih nomor 4, nomor yang persis sama dengan idolanya Pep Guardiola saat membela Barcelona.



Belakangan, di samping nomor 10, ada dua nomor lainnya yang menjadi favorit yaitu nomor 7. Nomor ini menunjukkan pemain ini memiliki kesempurnaan juga. Eric Cantona di Manchester United, Raul Gonzales memakai nomor 7. Bahkan David Beckham meninggalkan nomor 10-nya, ketika Cantona pensiun. Begitu pula dengan Cristiano Ronaldo yang langsung memakai nomor saat datang ke Manchester United. Dia bahkan harus rela bernomor 9 saat tiba di Real Madrid dan mendapatkan nomor 7 ketika Raul pensiun dari Real Madrid.



Nomor lainnya adalah 11. Di Manchester United, sejak bergulir Premier League di Inggris, hanya ada satu pemain yang memiliki nomor 11 yakni Ryan Giggs. Saking hebatnya, sebuah petisi pernah dibuat para penggemar Manchester United agar kelak saat Giggs, pensiun nomor ini juga pensiun. Ini adalah bentuk penghargaan pada pemain yang kini masih membela United tersebut.



Nomor 11 memang tidak sembarang orang bisa memakainya. Di klub-klub lainnya, nomor ini dipakai oleh pemain hebat. Didier Drogba hanya memakai nomor ini sejak datang ke Chelsea pada 2005. Di AC Milan, Ibrahimovic memakai nomor ini. Bahkan Neymar, pemain muda Santos memilih nomor ini ketimbang nomor 10.



Saking takjubnya pada pemain-pemain bernomor 11, Kareem Gouda -- seniman grafis asal Mesir, membuat daftar pemain-pemain hebat dengan nomor ini. Istimewanya, deretan pemain pujaannya itu dia buatkan poster yang sangat catchy. Karya-karyanya ini diberi judul “My Name is Number Eleven”



Pilihan Kareem pun tidaklah buruk. Dia pemain yang memang identik dengan nomor 11. Mereka adalah Adam Johnson (Manchester City), Michel Bastos (Lyon),  Didier Drogba (Chelsea), Lorenzo Ebicilio (Ajax), Eduardo Alves da Silva (shaktar Donetsk),  Mario Gotze (Dortmund), Zlatan Ibrahimovic (Milan), Neymar (Santos) ,Ivica Olic (Munich) Rafael van der Vaart (Tottenham Hostspurs), dan Ryan Giggs(Manchester United). Mereka memang pemain hebat di masa saat ini.



Berikut Karya-karya Kareem Gouda :



Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...