Sabtu, 31 Maret 2012

Tato Gigi Bisa Beri Petunjuk Penyakit yang Diderita

posted by: Dunia Andromeda
detail berita
Tato Gigi (foto: ubergizmo)
NEW YORK - Sudah banyak orang yang menaruh tatonya ditempat-tempat aneh. Tapi yang lebih aneh adalah tato yang kali ini diletakkan di gigi.


Diwartakan Ubergizmo, Jumat (30/3/2012), tato gigi tersebut bukan dibuat sebagai suatu eskpresi seni. Fungsinya lebih pada kesehatan, yaitu bisa memberitahu penggunanya bila sedang sakit.



Dikembangkan oleh Mike McAlpine dari Princeton University, tato tersebut bukan hanya bisa memberitah penggunanya saat terserang penyakit, namun juga punya potensi untuk memberitahu jenis penyakit yang diderita.



Wujud asli tato ini adalah sebuah sensor yang terbuat dari graphene, suatu lapisan karbon yang hanya setebal satu atom. Permukaan lapisan karbon tersebut ditempeli peptides (sejenis asam amino), sehingga bisa menangka dan mendeteksi bakteri.



Sensor seperti ini akan berguna di berbagai situasi. Misalnya ketika berada dalam zona perang. Saat itu infeksi bakteri pada prajurit bisa dengan cepat dideteksi. Selain itu juga bisa digunakan di rumah sakit untuk mendeteksi bakteri di berbagai jenis permukaan. (fmh)


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...