Sabtu, 31 Maret 2012

Nih Dia Calon Kuda Hitam MotoGP 2012 !

posted by: Dunia Andromeda

Dari kiri : Alvaro Bautista, Andrea Dovizioso, Cal Crutchlow


Jika tahun lalu mendiang Marco Simoncelli mampu mengacaukan lini papan atas MotoGP karena didukung penuh Honda Racing Corporation (HRC), namun tahun ini sepertinya tim satelit Honda belum mampu menunjukkan perlawanan seriusnya. Siapa lagi kalau bukan Alvaro Bautista yang didaulat mampu melanjutkan performa apik mantan seteru terbaiknya di kelas GP 250 cc beberapa tahun silam.

Namun melihat hasil sesi tes resmi pra musim MotoGP yang terakhir di Jerez, Spanyol pekan lalu, tidak ada yang terlalu istimewa dari Bautista. Ia bahkan terlihat masih kalah saing dari Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow yang menjadi pembalap tim satelit Yamaha. Lalu siapakah kuda hitam (pembalap yang berpotensi mengganggu persaingan perebutan titel juara dunia) MotoGP 2012 ? simak ulasannya berikut.

Alvaro Bautista 


Melihat kapasitas dan pencapaian Alvaro Bautista selama memperkuat tim Suzuki MotoGP dua musim terakhir, pembalap asal Spanyol itu punya ambisi besar dan mampu mengendarai motor lebih dari batas maksimal yang ada. Namun adaptasi dengan tunggangan baru sepertinya masih butuh waktu lama, dan ini jadi kendala besar Bautista.

Bukan berarti mantan pembalap Suzuki itu bukan ancaman besar bagi pembalap jajaran terdepan. Bisa dipastikan jika Bautista mendapat paket yang sesuai dengan gaya dan karakter balapnya, ia bisa konsisten menjadi pengacau barisan terdepan. Musim ini Bautista akan menggunakan motor Honda sebagai tunggangan barunya.

Andrea Dovizioso


Pembalap yang akrab disapa dengan Andrea atau Dovi ini, pada awalnya merasakan kesulitan untuk beradaptasi dengan karakter motor Yamaha yang mengutamakan gaya mengendara yang lebih lembut. Hasilnya di sesi tes Sepang kedua, ia mampu tampil sangat bagus, bahkan melebihi pencapaian 2 pembalap tim pabrikan Yamaha.

Sayangnya untuk sirkuit yang membutuhkan strategi lebih baik seperti Sirkuit Jerez, Spanyol, Dovi masih harus mengasah cara balapnya menggunakan motor Yamaha. Sebab ia sudah memiliki modal besar untuk tipe sirkuit berkarakter cepat seperti Sepang, Malaysia. Meski bukan pembalap baru di urutan terdepan, namun kepindahannya ke Yamaha menjadikan status pembalap asal Italia itu adalah masih anak bawang.

Cal Crutchlow


Tidak banyak yang menganggap Cal Crutchlow mampu bersaing di lini terdepan pembalap MotoGP. Sebab jika dibandingkan dengan pencapaian Ben Spies saat masih memperkuat tim satelit Yamaha itu, Crutchlow tidak bisa memberikan 1 podium pun pada timnya. Tapi jangan salah, perubahan regulasi musim 2012 dari 800 cc ke 1000 cc, cukup menguntungkan pembalap asal Inggris itu.

Pasalnya ia mampu beberapa kali memenangi balapan dengan motor 1000 cc di ajang World Superbike Championship 2010 lalu. Apalagi ketika melihat hasil sesi tes di Jerez, pembalap tim pabrikan tentu mulai menghitung kekuatan tim satelit di MotoGP. Suka atau tidak, jika Crutchlow bisa menyesuaikan diri pada motor yang kapasitas mesinnya lebih besar ini, maka ia bisa jadi pengacau jajaran pembalap tim pabrikan.

Akankah salah satu dari ketiga pembalap ini jadi kuda hitam MotoGP 2012? Kita tunggu buktinya di seri pembuka MotoGP 2012.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...