Sabtu, 31 Maret 2012

MOBIL CANGGIH TANPA SOPIR SIAP DILUNCURKAN

posted by: Dunia Andromeda

AS - Perkembangan mobil yang bisa melaju sendiri tanpa pengemudi makin pesat. Baru-baru ini, mobil tanpa pengemudi Google sukses mengantarkan pria tunanetra keliling-keliling.

Mobil yang sejatinya sebuah Toyota Prius tanpa pengemudi itu mengantarkan pria tersebut ke Taco Bell dan dry cleaner. 

"Mobil tanpa pengemudi ini akan mengubah kehidupan saya, menjadi lebih bebas dan bisa pergi kemana saja saya suka," ujar Steve Mahan dalam video berdurasi 3 menit yang diposting Google, seperti dilansir Los Angeles Times, Jumat (30/03). 

"Lihat, ma, tanpa tangan, tanpa tangan, tanpa kaki," celetuk Mahan yang merupakan CEO Santa Clara Valley Blind Center di San Jose. "Ini cara mengendara terbaik yang pernah saya dapatkan," ujarnya. 

Mahan pun tercatat sebagai penumpang pertama mobil tanpa pengemudi ini. Mahan yang kehilangan 95 persen penglihatannya dipandu oleh Google lewat rute yang sangat terprogram melalui jalanan di Morgan Hill, California, dan San Jose. 

Di AS, baru Nevada yang menjadi negara bagian pertama yang memperbolehkan mobil tanpa pengemudi beredar di jalan-jalannya. 

Nevada mengatakan bahwa mobil tanpa pengemudi alias driverless ini akan sangat diterima di Nevada. 
Mobil tanpa pengemudi ini bisa menjadi mobil antar-jemput tanpa pengemudi atau menjadi kendaraan bagi mereka yang memiliki kekurangan fisik yang tidak memungkinkan mereka mendapat SIM. 

Gubernur Nevada Brian Sandoval sendiri pernah melakukan test drive sebuah Toyota Prius pada bulan Juli silam. Mobil tersebut dimodifikasi oleh Google dengan mengaplikasi berbagai teknologi maju seperti radar, sensor dan komputerisasi yang membuat mobil tersebut dapat berjalan sendiri tanpa dikemudikan meski manusia masih bisa mengambil alih kemudi. 

Dengan seruan ini, Nevada bermaksud untuk tetap berada di posisi depan dalam upaya penelitian mobil driverless karena negara lain seperti Florida dan Hawaii juga sudah berniat melakukan hal yang sama. 

Tapi yang pasti, izin mobil tanpa pengemudi ini berjalan di jalanan umum memang sebuah revolusi sendiri. Hal ini juga sekaligus akan membantu pengembangan teknologi mobil tanpa penumpang karena akan bisa diketahui kebutuhan-kebutuhan sebenarnya sebuah mobil tanpa pengemudi dan menguji kemampuannya berjalan di tengah keramaian, hujan, kabut dan bahkan salju. 

Namun, meski siap mengizinkan mobil tanpa pengemudi berkeliaran bebas di Nevada, pemerintah negara bagian itu tetap tidak akan mengizinkan manusia yang menjadi operator mobil driverless ini untuk menggunakan ponsel ketika di jalan. 

Pemerintah Nevada juga mengatakan kalau mobil tanpa pengemudi itu tidak boleh menjadi 'pengemudi pengganti' ketika malam tiba seperti ketika si pemilik sudah kebanyakan minum alkohol. 

"Tidak ada pengecualian untuk minum dan mengemudi," kata sang gubernur seperti dikutip dari Daily Mail.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...