Kamis, 29 Maret 2012

Lukisan Van Gogh Mirip Visual Laut Bumi Milik NASA

posted by: Dunia Andromeda
Model laut NASA tampak seperti lukisan Van Gogh "The Starry Night" (Dok. Dailymail)

Pelukis pasca-impresionis asal Belanda, Vincent van Gogh, sangat mengagumkan. Satu lukisannya berjudul 'The Starry Night' atau 'Malam Berbintang', yang dibuat pada 1889, mirip dengan gambar visualisasi permukaan laut bumi yang diambil oleh NASA dari angkasa.


Sapuan kuas Van Gogh di atas kanvas dalam lukisan itu menunjukkan seperti adanya putaran arah angin yang menyelimuti angkasa di waktu malam, diantara cahaya bintang dan bulan. Gambaran penderita epilepsi itu hampir sama dengan visualisasi NASA, dengan putaran arus yang ada di permukaan laut berwarna biru.


Visualisasi itu dihasilkan menggunakan model komputerisasi yang disebut NASA sebagai 'perkiraan sirkulasi dan iklim di samudera, Tahap II', atau ECCO2. Model visualisasi ini didasarkan pada arus laut yang terjadi dari Juli 2005 hingga Desember 2007.


"ECCO2 adalah model dengan resolusi tinggi pada laut di seluruh bumi dan laut es. Melalui ECCO2 ini, kami mengupayakan suatu model untuk lautan dan laut es dengan resolusi yang semakin akurat, untuk menyelesaikan pusaran laut dan sistem dari celah sempit, yang mengangkut panas dan karbon di lautan," ujar pernyataan resmi NASA, seperti yang dilansir dari Dailymail.

Lukisan Vincent Van Gogh "The Starry Night"
Model ECCO2 juga digunakan untuk mensimulasi arus di semua laut dalam. Namun, aliran arus yang digunakan dalam visualisasi ini hanya untuk di bagian permukaannya saja. Menurut NASA, visualisasi itu merupakan artistik terbaik dari tampilan alami yang ada di bumi.


Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...